Download Format Penilaian Bulanan Anak Kurikulum 2013 PAUD
Sebagai satu acuan keberhasilan pendidikan, penilaian bulanan sangatlah perlu dengan format penilaian kurikulum 2013 disesuaikan dengan sistem pembelajaran yang diterapkan, yakni terdiri dari indikator, tema dan sub tema pada Bulan Tersebut. memang sedikit membingungkan dalam membuat format penilaian pada kurikulum 2013, namun apabila kita sederhanakan, format penilaian dibuat sesuai unsur-unsur tema dan sub tema serta indikator-indikator pembelajaran dengan tujuan asepek-aspek Pencapaian perkembangan ternentu pada anak seperti yang akan coba saya uraikan dalam tulisan ini.
Format penilaian bulanan PAUD terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi yaitu sebagai berikut :
Format memuat: aspek perkembangan terdiri dari :
Kompetensi Dasar terdapat dalam kolom berwarna (abu-abu) dengan huruf bercetak tebal.
Indikator perkembangan setiap kompetensi dasar yang diturunkan dari indikator pada lampiran Permendikbud Nomor 137 tahun 2014, Permendikbud nomor 146 tahun 2014.
Format digunakan untuk mencatat perkembangan anak setiap bulan dalam satu semester.
Format memuat data perkembangan setiap anak, atau dengan kata lain satu format untuk satu anak yang digunakan selama satu semester.
Setiap bulan terdiri dari 4 (empat) kolom yang ditandai dengan angka 1, 2, 3, dan 4.
Angka 1 menunjukkan kemampuan Belum Berkembang (BB).
Angka 2 menunjukkan kemampuan Mulai Berkembang (MB).
Angka 3 menunjukkan kemampuan Berkembang Sesuai Harapan.
Angka 4 menunjukkan kemampuan Berkembang Sangat Baik (BSB).
Dengan Capaian perkembangan sebagai berikut :
Pengisian kolom capaian perkembangan setiap bulannya hanya dengan checklist (√).
Data yang diisikan pada kolom capaian perkembangan merupakan hasil kumulasi data yang terkumpul dari format harian ditambah data catatan anekdot ditambah catatan hasil karya anak.
Kolom Kesimpulan Capaian diisi dengan capaian tertinggi, misalnya BB, BB, MB, MB, MB, BSH, maka capaian yang diisikan adalah BSH.
Data yang dicatat dalam format perkembangan anak harus diperbaharui secara regular setiap bulannya, terutama sebelum pelaporan disampaikan kepada orangtua. Tujuannya agar catatan dan pelaporan perkembangan anak benar-benar menunjukkan kemajuan anak yang lengkap dan utuh dari catatan/dokumen terakhir.
Perbaikan catatan data perkembangan anak terutama indikator yang capaian perkembangannya masih pada tahap Belum Berkembang (BB) dan Mulai Berkembang (MB) dengan cara mengamati kembali perkembangan terakhir yang dicapai anak.
Contohnya :
Jika ada anak menjelang akhir bulan/semester catatan capaian perkembangannya berada pada tahap BB dan MB, maka guru dapat mengumpulkan lebih lengkap data capaian perkembangan, sehingga hasilnya dijadikan untuk menganalisa ulang capaian perkembangannya
Catatan :
Untuk merubah File dengan format PDF agar bisa kita ubah suaikan silahkan Baca Juga
Cara Merubah File PDF dengan Nirto PDF Profesional reader+Converter (Full DOWNLOAD)
Sebagai satu acuan keberhasilan pendidikan, penilaian bulanan sangatlah perlu dengan format penilaian kurikulum 2013 disesuaikan dengan sistem pembelajaran yang diterapkan, yakni terdiri dari indikator, tema dan sub tema pada Bulan Tersebut. memang sedikit membingungkan dalam membuat format penilaian pada kurikulum 2013, namun apabila kita sederhanakan, format penilaian dibuat sesuai unsur-unsur tema dan sub tema serta indikator-indikator pembelajaran dengan tujuan asepek-aspek Pencapaian perkembangan ternentu pada anak seperti yang akan coba saya uraikan dalam tulisan ini.
Format penilaian bulanan PAUD terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi yaitu sebagai berikut :
Format memuat: aspek perkembangan terdiri dari :
- nilai agama dan moral,
- fisik – motorik,
- kognitif,
- bahasa,
- sosial-emosional, dan
- seni.
Kompetensi Dasar terdapat dalam kolom berwarna (abu-abu) dengan huruf bercetak tebal.
Indikator perkembangan setiap kompetensi dasar yang diturunkan dari indikator pada lampiran Permendikbud Nomor 137 tahun 2014, Permendikbud nomor 146 tahun 2014.
Format digunakan untuk mencatat perkembangan anak setiap bulan dalam satu semester.
Format memuat data perkembangan setiap anak, atau dengan kata lain satu format untuk satu anak yang digunakan selama satu semester.
Setiap bulan terdiri dari 4 (empat) kolom yang ditandai dengan angka 1, 2, 3, dan 4.
Angka 1 menunjukkan kemampuan Belum Berkembang (BB).
Angka 2 menunjukkan kemampuan Mulai Berkembang (MB).
Angka 3 menunjukkan kemampuan Berkembang Sesuai Harapan.
Angka 4 menunjukkan kemampuan Berkembang Sangat Baik (BSB).
Dengan Capaian perkembangan sebagai berikut :
- Belum Berkembang (BB): bila anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru;
- Mulai Berkembang (MB): bila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru;
- Berkembang Sesuai Harapan (BSH): bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru;
- Berkembang Sangat Baik (BSB): bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.
Pengisian kolom capaian perkembangan setiap bulannya hanya dengan checklist (√).
Data yang diisikan pada kolom capaian perkembangan merupakan hasil kumulasi data yang terkumpul dari format harian ditambah data catatan anekdot ditambah catatan hasil karya anak.
Kolom Kesimpulan Capaian diisi dengan capaian tertinggi, misalnya BB, BB, MB, MB, MB, BSH, maka capaian yang diisikan adalah BSH.
Data yang dicatat dalam format perkembangan anak harus diperbaharui secara regular setiap bulannya, terutama sebelum pelaporan disampaikan kepada orangtua. Tujuannya agar catatan dan pelaporan perkembangan anak benar-benar menunjukkan kemajuan anak yang lengkap dan utuh dari catatan/dokumen terakhir.
Perbaikan catatan data perkembangan anak terutama indikator yang capaian perkembangannya masih pada tahap Belum Berkembang (BB) dan Mulai Berkembang (MB) dengan cara mengamati kembali perkembangan terakhir yang dicapai anak.
Contohnya :
Jika ada anak menjelang akhir bulan/semester catatan capaian perkembangannya berada pada tahap BB dan MB, maka guru dapat mengumpulkan lebih lengkap data capaian perkembangan, sehingga hasilnya dijadikan untuk menganalisa ulang capaian perkembangannya
Catatan :
Untuk merubah File dengan format PDF agar bisa kita ubah suaikan silahkan Baca Juga
Cara Merubah File PDF dengan Nirto PDF Profesional reader+Converter (Full DOWNLOAD)
Untuk Lebih detilnya silahkan Download