Perangkat Pembelajaran TK PAUD Lengkap
gurubantu.tk-Perangkat Pembelajaran TK PAUD Lengkap, Tetap Semangat ya ayah bunda....!!!. kali ini saya akan coba paparkan mengenai Perangkat Pembelajaran untuk ayah bunda sebagai Guru TK/PAUD dengan Kurikulum 2013 terbaru yang dapat digunakan sebagai referensi dan contoh perangkat pembelajaran tahun ajaran 2016-2017, agar ayah bunda dapat melihat contoh kerangka pembelajaran dalam pembuatan RKH/RPPH dan RKM/RPPM dengan Tema dan Subtema terkait.
Dalam Perangkat Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013, terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan serta menjadi acuan dalam setiap kegiatan pembelajaran. seperti pembuatan silabus, RKH atau RPPH, RKM atau RPPM, mulai dari awal kegiatan sampai pada format penilain.
Perangkat Pembelajaran TK PAUD Lengkap yang dapat bayah bunda download dan dapat dijadikan contoh serta pegangan dalam kegiatan pembelajaran, diharapkan agar ayah bunda dapat melaksanakan sekenario belajar yang lebih menyenangkan bagi anak didik atau siswa-siswi usia TK, PAUD, RA, baik kelompok belajar (A) usia 4-5 tahun maupun Kelompok belajar (B) uisa 5-6 tahun.
Sedikit saya paparkan tentang apa saja isi dalam Perangkat Pembelajaran TK PAUD yang saya maksudkan disini, diantaranya :
- Contoh Silabus
- Contoh RKM/RPPM Model Minat Kelompok A Uisa 4-5 Tahun
- Contoh RKH/RPPH Semester 2,
- Contoh FORMAT PENILAIAN UNJUK KERJA/PROSES KEGIATAN
- Contoh FORMAT PENILAIAN HASIL KARYA
- Contoh SKENARIO PEMBELAJARAN
- Formasi Penataan Ruang Kelas Model Pembelajaran Berdasarkan Minat
Contoh Narasi Raport TK Kurikulum 2013, Download
SKENARIO PEMBELAJARAN
Tema : Transportasi
Sub tema : Transportasi
Udara
Hari/Tanggal : Kamis, 20 November 2014
Kelompok/Semester : A / II
Bidang Pengembangan : Pembiasaan, bahasa, nilai agama dan moral,
fisik-motorik, kognitif, sosial-emosi.
Model Pembelajaran yang digunakan : Model Kontekstual/ Contextual Teaching and Learning
(CTL) Tipe Inquiry
I.
PEMBIASAAN
(PRA KEGIATAN)
-
Anak melepas sepatu
terlebih dahulu dan meletakkan sepatu di loker tempat sepatu yang telah
disediakan diluar kelas.
-
Anak bersalaman dengan
ibu guru yang sudah berdiri di dekat pintu kelas.
-
Mengucap salam:
Selamat pagi anak-anak (guru)
Selamat pagi bu guru (peserta didik)
-
“Tepuk Semangat”
Tepuk
Semangat
Mana
semangatmu.......
Ini
semangatku.....
Mana
semangatmu...
Ini
semangatku..
Tepuk
semangat..
Se..
ma..ngat...
-
Mengucapkan doa
sebelum melakukan kegiatan
Doa
sebelum kegiatan/belajar :
“Ya
Allah, ya Tuhan kami, berilah kami ilmu yang bermanfaat dan cerdaskanlah kami.
Aamiin”.
-
Guru melakukan tanya
jawab terhadap anak-anak tentang hari ini, bulan ini, dan tanggal pada hari ini
serta menanyakan siapa yang tidak masuk hari ini.
II.
KEGIATAN
AWAL
-
Guru menjelaskan kepada anak-anak, macam-macam
alat transportasi.
-
Anak-anak diminta
berdiri dan menyanyikan lagu “Pada Hari Minggu”
“Pada
Hari Minggu”
Pada
hari minggu ku turut ayah ke kota
Naik
delman istimewa kududuk dimuka
Duduk
disamping pak kusir yang sedang bekerja
Mengendarai
kuda supaya baik jalannya
Hei..
tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk
Tuk
tik tak tik tak suara sepatu kuda
Lagu Tema Anak PAUD Lengkap, Download
-
Guru menjelaskan bahwa
delman merupakan alat transportasi tradisional.
-
Anak melakukan
percakapan dengan guru mengenai transportasi udara
-
Menyayikan lagu “Pesawat
Jet”
Pesawat
Jet
Lihatlah pak, lihatlah bu, pesawat pemburu
Pesawat jet, pesawat jet, di angkasa biru
Terbang dan melayang, menukik melenggang
Berguling-guling di atas, sangatlah berani
Pesawat jet, pesawat jet, di angkasa biru
Terbang dan melayang, menukik melenggang
Berguling-guling di atas, sangatlah berani
III.
KEGIATAN
INTI
-
Guru menjelaskan tentang
kegiatan belajar yang akan dilakukan oleh anak.
-
Anak
diminta untuk bermain di area yang sudah ditentukan.
-
Anak/Peserta
didik bermain kartu kata bergambar sesuai arahan dari guru.
-
Anak
diminta untuk memilih gambar manakah yang termasuk transportasi udara
-
Anak
diminta untuk menggambar dan mewarnai setelah mereka menemukan gambar yang
termasuk transportasi udara.
-
Gambar
anak semua dikumpulkan jika sudah selesai.
IV.
ISTIRAHAT
-
Anak – anak/Peserta
didik yang sudah selesai mengerjakan semua kegiatan, boleh bermain mainan yang
ada di dalam kelas sambil menunggu teman yang belum selesai.
-
Setelah selesai
bermain anak-anak/peserta didik membereskan mainan dan bergantian memakai
sepatu.
-
Kemudian mencuci
tangan menggunakan sabun kemudian ambil tas masing-masing.
-
Anak/peserta didik
diajarkan makan bekal bersama. Sebelum makan bersama anak-anak diajak untuk
berdoa sebelum makan “ Ya Tuhan berilah
kami rizky yang baik, amin.”
-
Selesai makan anak/peserta didik mengembalikan tas lagi di luar kelas dan
membalik gambar lagi di papan absen.
-
Setelah semua anak/peserta didik selesai dan sudah duduk di dalam kelas
semua, maka bersama-sama mengucapkan doa setelah makan “ Terimakasih ya Tuhan
atas segala rizky yang telah engkau berikan kepada kami, amin.”
V.
KEGIATAN
AKHIR
-
Guru mengajak anak/peserta didik untuk mengucapkan syair "Tuhan
Pencipta".
-
Review (guru mengulang kembali pembelajaran yang telah disampaikan
seperti bertanya hari ini sudah belajar apa saja).
VI.
PEMBIASAAN
(PASCA KEGIATAN)
-
Anak/peserta didik
keluar kelas dan mengambil tas masing-masing dan duduk persiapan pulang.
-
Menyanyikan lagu “Hari sudah siang”
Hari
sudah siang
Hari sudah siang ibu guru
Pulang sekolah karena waktu
Selamat siang selamat siang
Ibu kami kan pulang
Selamat siang selamat siang
Besok kami kan datang
-
Menyanyikan lagu “Gelang sepatu gelang”
Gelang
sepatu gelang
Gelang sepatu gelang
gelang si rama-rama
mari pulang marilah pulang
marilah pulang
bersama-sama
-
Mengucapkan doa akan
pulang
Berdoa pulang:
“ Terimasih Tuhan atas segala ilmu
dan kepandaian yang telah engkau berikan kepada kami, ini kami akan pulang
bimbinglah perjalanan pulang kami agar dapat bertemu dengan bapak ibuk kembali,
amin.”
-
Mengucap salam
Selamat siang anak-anak (guru)
Selamat
siang bu guru dan terima kasih bu (peserta didik)
-
Setelah itu anak/peserta didik berbaris mengikuti guru
keluar kelas untuk persiapan dijemput orang tua masing-masing anak.
Langakah-langkah
Metode Inquiry:
1) Menjelaskan tujuan
pembelajaran
2) Membagi petunjuk inquiry
atau petunjuk praktikum
3) Menugaskan peserta didik
untuk melaksanakan inqury
4) Memantau pelaksaan
inquiry
5)
Menyimpulkan hasil inquiry bersama-sama
Untuk Lebih Lengkapnya, Silahkan bunda Download Berkasnya, agar lebih leluasa mempelajarinya, serta dapat menyimpan contoh-contoh untuk tiap poin dari perangkat pembelajaran tersebut. silahkan ayah bunda dapatkan berkasnya pada link di bawah ini :
Perangkat Pembelajaran TK PAUD Lengkap, Download
Demikian yang dapat saya tulis dalam post kali ini, semoga Perangkat Pembelajaran TK PAUD Lengkap ini dapat membantu ayah bunda dan dapat bermanfaat bagi pembelajaran anak usia dini. akhirnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya, dan dapatkan update terus terbaru dari http://www.gurubantu.tk. salam Guru.