SKALA PENCAPAIAN PERKEMBANGAN HARIAN ANAK (Format 1 dan 2)
Dalam Penilaian/Pencapaian Perkembangan Harian anak terdapat 4
kategori Penilaian, yang mengacu pada Indikator dalam format yang sesuai dengan apa yang tercantum
dalam RPPH.
Kolom pencapaian perkembangan diisi dengan
kategori 1 (BB), 2 (MB), 3 (BSH), dan 4 (BSB)
1 (BB) artinya Belum Berkembang: bila anak
melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru.
2 (MB) artinya Mulai Berkembang: bila anak
melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru.
3 (BSH) artinya Berkembang Sesuai Harapan: bila
anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan
atau dicontohkan oleh guru.
4 (BSB) artinya Berkembang Sangat Baik: bila anak
sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang
belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.
Contoh perilaku anak pada tingkat kemampuan
“berdoa sebelum belajar”:
a)
1 (BB) : Bila anak berdoa sebelum belajar
baik lafal doa maupun sikapnya masih harus mendapatkan bimbingan dan atau
dicontohkan oleh guru
b)
2 (MB): Bila anak berdoa sebelum belajar
baik lafal doa maupun sikapnya masih harus diingatkan oleh guru: ”Reghina, kita
berdoa dulu. Bagaimana sikap berdoanya?”
c)
3 (BSH): Bila anak berdoa baik lafal doa
maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri dan konsisten tanpa
harus diingatkan oleh guru lagi.
d)
4 (BSB): Bila anak berdoa baik lafal doa
maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri, dan konsisten serta
dapat mengingatkan temannya.
Untuk Lebih jelasnya Silahkan Unduh Contoh formatnya pada Link dibawah ini,
SKALA PENCAPAIAN PERKEMBANGAN HARIAN ANAK PAUD
Silahkan Download dan share agar bermanfaat buat yang lain, Terima kasih.
Baca Juga :
PENILAIN DAFTAR PERIKSA ANAK PAUD
Silahkan Download dan share agar bermanfaat buat yang lain, Terima kasih.
Baca Juga :
PENILAIN DAFTAR PERIKSA ANAK PAUD