Pengembangan Tema Pembelaran PAUD Kurikulum 2013
Pembelajaran anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan tema. Melalui tema pembelajaran, peserta didik akan lebih mudah mengenal suatu konsep pengetahuan dan dapat mempelajari sesuatu yang bersifat konkret. Dengan demikian, indikator perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.
Pendidik PAUD diharapkan dapat mengembangkan tema sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan tema agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendalam
Pembelajaran tematik merupakan suatu pembelajaran yang mengaitkan berbagai bahasan dari Kompetensi Dasar secara terintegrasi kedalam satu tema.
Tema bukan merupakan tujuan pembelajaran melainkan
sebagai perluasan wawasan dalam rangka menghantarkan kematangan perkembangan
anak
Setelah tema diri sendiri pendidik
dapat memilih tema lain yang dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
Masing-masing lembaga tentu memiliki kondisi yang berbeda-beda. Misalnya bagi lembaga PAUD yang
lingkungannya
dekat dengan pantai, maka tema lingkunganku dengan sub tema “pantaiku yang indah” dapat menjadi pilihan tema sesuai dengan prinsip kedekatan.
Pembelajaran anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan tema. Melalui tema pembelajaran, peserta didik akan lebih mudah mengenal suatu konsep pengetahuan dan dapat mempelajari sesuatu yang bersifat konkret. Dengan demikian, indikator perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.
Pendidik PAUD diharapkan dapat mengembangkan tema sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan tema agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendalam
Pembelajaran tematik merupakan suatu pembelajaran yang mengaitkan berbagai bahasan dari Kompetensi Dasar secara terintegrasi kedalam satu tema.
A.
Manfaat Tema
- Menghubungkan bahasan satu dengan lainnya, sesuai dengan cara berpikir anak.
- Sebagai Topik bahasan. Topik bahasan yang dekat dan dikenal anak membuat anak lebih dapat terlibat di dalamnya.
- Menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan yang baru yang sudah dimiliki anak.
- Memudahkan pendidik PAUD dalam pengembangan kegiatan belajar sesuai dengan konsep dan sarana yang dimiliki lingkungan.
Contoh tema yang terdekat dengan peserta didik
misalnya diri sendiri. Di dalam tema diri sendiri dapat dikembangkan menjadi sub tema aku dengan
topik bahasan antara lain :
a. Mengidentifikasi anggota tubuh
b. Fungsi masing-masing anggota tubuh
c. Siapa saja yang boleh menyentuh anggota tubuh tertentu dan alasan
diperbolehkannya
d. Cara melindungi anggota tubuh dari hal-hal yang membahayakan
Bagi lembaga PAUD yang
lingkungannya dekat dengan perkebunan,
tema lingkunganku dengan sub tema “Kebun” dengan topik bahasan “kebun mangga”, “kebun kelapa”
atau lainnya. “Kebun” dapat menjadi pilihan tema sesuai dengan prinsip kedekatan.
Berikut Saya Bagikan Pedoman dan dasar-dasar dalam mengembangkan "tema" dalam Pembelajaran PAUD. Silahkan Download pada Link di bawah ini.
Semoga Bermanfaat, terima Kasih
Baca Juga :